Sejarah PLaystation / Game Story

Sejarah Playstation Game Buat anda gamer maniak berikut ini adalah sedikit pengetahuan untuk kita semua tentang bagai mana sebenarnya PLAYSTATION itu !!! Disini ane kan mencoba memberikan story gambaran playstation itu, berikut mari kita simak seksama bagai mana story Nya Untuk Gamer Maniak secara lengkap
  • Pengertian

PlayStation (bahasa Jepang: プレイステーション) adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pd 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yg terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. pd 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. pd Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dgn jumlah akumulasi 949 juta.

  • Varian

Sony telah memproduksi konsol yg lebih baru dan telah di rancang ulang, bernama PSOne, dgn bentuk yg lebih kecil dan dinamis. PlayStation asal lebih sering disingkat dgn "PSX", kode nama dari sistem yg tak dikembangkan. Ketika sistem baru yg sebelumnya dinamakan [PSX] diperkenalkan oleh Sony (versi upgrade dari PlayStation 2 sudah termasuk pembaca DVD, dapat diinstal hard drive, perekam video digital) , kemampuan bermain online , lalu pengembangan PS2 dilakukan di Playstation Portable, game PSP dapat dimainkan di mana saja dgn menggunakan UMD. PlayStation sekarang disingkat menjadi "PS1" atau "PSOne", beberapa orang masih menyingkatnya dgn "PSX".

Sebuah versi dari PlayStation yg desebut sebagai Net Yaroze jg dibuat, dan lebih mahal dibandingkan dgn PlayStation, berwarna hitam bukan abu-abu, dan yg terpenting: terdapat peralatan dan panduan yg memungkinkan pengguna untuk melakukan pemrograman permainan PlayStation dan aplikasinya tanpa memerlukan adanya paket pengembangan (developer suite), yg tentunya jauh lebih mahal dari harga sebuah PlayStation. Walau bagaimanapun, Net Yaroze memiliki banyak kekurangan dari fitur paket pengembangan. Net Yaroze jg unik karena ia adalah satu-satunya jenis resmi Sony PlayStation yg tak memiliki regional lockout: Net Yaroze dapat menjalankan seluruh permainan dari semua teritori.

Versi lainnya yg dikenal dgn "Blue Console" jg tersedia bagi game developer. Blue Console memiliki RAM ganda (4 Megabytes) dan papan pengemulasi (emulator) CD-ROM yg terhubung ke komputer PC. Blue Console jg mampu menjalankan permainan yg masih dalah tahap pengembangan yg tak memiliki region coding (dan biasanya ditolak oleh PlayStation normal).

Sekarang PS1 sudah sangat jadul dan jarang ada yg masih memainkann PS1. Era baru dgn penggunaan PS2 yg lebih canggih dgn berbaagai fitur yg luar biasa.

Pemasangan modchip memungkinkan pengembangan kemampuan PlayStation. Hal tersebut membuat copy ilegal dari permainan menjadi bisa digunakan, demikian jg permainan dari negara lain. Sejak adanya modchips yg bisa memainkan game yg direkam dlm CD-ROM biasa, timbullah gelombang kemunculan permainan yg dibuat secara tak resmi dari Sony, yg menggunakan kompilasi gratis dari GNU.
  • Suksesor

Suksesor Sony untuk PlayStation adalah PlayStation 2, yg jg kompatibel dgn pendahulunya, yg memungkinkan penggunaan permainan PlayStation tanpa perlu adanya perubahan. Hal ini dimungkinkan dgn memasang beberapa bagian penting dari PSOne ke dlm rancangan PlayStation 2, jadi pembeli mendapatkan dua sistem dgn harga satu sistem. Seperti halnya emolator masa kini, PlayStation 2 dapat mengemulasikan permainan PlayStation dan bahkan dapat mengubah beberapa faktor untuk menjalankan permainan dgn lebih baik. PlayStation 2 memiliki prosesor khusus yg dikenal dgn Emotion Engine yg dikembangkan oleh Sony.

Generasi berikut dari PlayStation adalah PlayStation 3 atau lebih dikenal sebagai PS3 yg diharapkan kehadirannya pd tahun 2006. PS3 nampaknya kan menjadi konsol permainan pertama yg menggunakan teknologi gid computing. PS3 telah dilengkapi hardisk yg berfungsi sebagai penyimpan data game, wireless controler (3 axis), card reader, WiFi, Bluetooth, Lan, HDMI dan dilengkapai Blu-ray disk drive untuk memainkan game PS3 dan film. Seperti pendahulunya, PS3 jg dapat memainkan game-game PS1 dan PS2.

PlayStation Portable (PSP) adalah PlayStation genggam untuk permainan yg bisa dibawa-bawa. PSP tersedia di pasaran Eropa sekitar awal musim panas 2005, sedangkan di Jepang telah diluncurkan, sekitar 12 Desember 2004. Tanggal peluncuran di Amerika Serikat adalah 24 Maret 2005.

PlayStation memiliki sejarah yg terkait dgn proyek yg dibatalkan dari SNES untuk menghubungkan CD-ROM yg memungkinkan penggunaan isi multimedia dlm kapasitas besar. Untuk beberapa hal, termasuk kegagalan Sega CD, proyek tersebut dibatalkan.
  • Teknis
Kelemahan utama PlayStation adalah mata optik yg lemah jika PlayStation tersebut sudah cukup lama digunakan. Hal ini berakibat banyak pemilik PlayStation menemui masalah loading game yg jauh lebih lama atau bahkan sama sekali tak mampu untuk loading game. Banyak pemilik PlayStation mengatasi masalah ini dgn memiringkan atau membalikkan PlayStation mereka, walaupun sebenarnya ini hanya merupakan solusi sementara. Setelah beberapa waktu masalah tersebut kan muncul kembali, sehingga pemilik PlayStation harus memiringkan lagi dgn sudut yg lebih besar atau ke arah yg berlawanan. tak jarang banyak pemilik PlayStation lebih memilih membeli unit baru daripada menservis masalah ini, dikarenakan biaya perbaikan yg hampir sama harganya dgn membeli PlayStation baru di Glodok. Masalah ini sering timbul terutama pd tipe PlayStation SCPH-1001. Selain itu, daya komputasi PlayStation jauh lebih kecil jika dibandingkan dgn konsol game bergenerasi sama, seperti Nintendo 64 atau Sega Saturn.
  • Media penyimpanan
PlayStation adalah konsol game pertama yg dikenal secara luas menggunakan CD sebagai media penyimpanan dan bukan cartridge. CD memiliki beberapa kelemahan (selain keuntungan) dibanding cartridge, terutama dlm waktu loading dan daya tahan. Hal ini berdampak seringnya muncul layar loading time di PlayStation (yg muncul dgn tulisan "Now Loading"). Layar loading time relatif kurang dikenal pd konsol game generasi sebelumnya yg menggunakan media cartridge seperti Super Nintendo atau Sega Mega-Drive, sehingga menimbulkan protes pd siklus generasi pertama PlayStation, yg kemudian diatasi oleh Sony dgn mengeluarkan PlayStation menggunakan drive CD double speed.
  • Emulasi di PC
Saat ini hampir semua game PlayStation dapat dimainkan di PC. Hal ini dapat dicapai dgn bantuan Emulator. Emulator yg paling terkenal adalah ePSXe. ePSXe bekerja dgn konsep Plug-In, yg berarti user harus pertama-tama meload Plug-In grafik atau suara ke memori. Selain itu ePSXe jg hanya dapat bekerja menggunakan BIOS original PlayStation, yg bisa di-transfer ke PC menggunakan kabel khusus.

  • Spesifikasi
1. CPU Utama
Chip RISC R3000A-kompatibel 32-bita (R3051) dgn kecepatan 33.8688 MHz

Chip ini diproduksi oleh LSI Logic Corp dgn lisensi teknologi dari SGI. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin Dekompersi Data (Data Decompression Engine).

Fitur:

Performa Operasi (Operating Performance) 30 juta instruksi per detik (MIPS)
Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
Instruction Cache 4 KB
Data Cache 1 KB (non associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat) 2. Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine)
Terletak di dlm chip CPU. Bertugas melakukan rendering grafis 3 dimensi.

Fitur:

Performa Operasi 66 juta instruksi per detik
360,000 poligon Flat-shaded per detik
180,000 pemetaan tekstur dan poligon bersumber cahaya setiap detik (texture mapped and light-sourced polygons)

pd awalnya Sony memberikan perhitungan poligon sebagai berikut:

1.5 juta poligon flat-shaded per detik
500,000 poligon texture mapped dan light-sourced per detik

Angka tersebut diberikan sebagai acuan untuk performa dlm kondisi optimal, jadi sangat tak mungkin terjadi untuk kondisi normal. 3. Mesin Dekompresi Data (Data Decompression Engine)
jg terletak di dlm chip CPU. Bertugas melakukan dekompresi gambar dan video. Menurut dokumentasi: membaca 3 RLE-encoded 16x16 blok makro, menjalankan IDCT dan menyusun sebuah makroblok RGB 16x16. Data output di pindahkan langsung ke GPU melalui DMA. Sangat mungkin untuk melakukan overwrite matriks IDCT dan beberapa parameter tambahan, sayangnya instruksi internal MDEC tak pernah didokumentasikan.

Fitur:

Kompatible dgn file MPEG1 dan H.261
Perfoma Operasi 80 juta instruksi per detik
Terhubung langsung dgn Bus CPU 4. Unit Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)
Chip ini terpisah dari CPU dan menangani semua proses grafik 2 dimensi.

Fitur:

Maksimum 16.7 juta warna
Dapat menganai resolusi 256x224 sampai 640x480
Memiliki frame buffer yg bisa diatur
Unlimited Colour Lookup Tables
Maksimum 4000 8x8 pixel sprites dgn individual scaling and rotation
Dapat menangani latar belakang simultan (untuk parallax scrolling)
Dapat melakukan Flat or Gouraud shading, dan texture mapping 5. Suara/Audio
Chip ini menangani proses suara/audio.

Fitur:

Dapat menangani sumber ADPCM sampai 24 kanal dan sampai 44.1 kHz sampling rate
Dapat melakukan efek digital termasuk:
Pitch Modulation
Envelope
Looping
Digital Reverb
Dapat menangani sampel waveforms sampai 512Kb
Mendukung instrumen MIDI
Format nama file PC: .PSF
6. Memori
RAM Utama: 2 Megabita (4 Megabita untuk "Blue Console")
RAM Video: 1 Megabita
RAM Suara: 512 Kilobita
CD-Rom Buffer: 32 Kilobytes
ROM sistem operasi: 512 Kilobita
PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 Kilobytes di dlm EEPROM 7. -ROM
Fitur:

Two Speed, maksimum transmisi data 300 KB/s
XA Compliant

Jangan pernah memandang rendah diri sendiri. Untuk dunia mungkin kamu hanya seseorang, tapi bagi seseorang mungkin kamu bisa menjadi dunianya”
Salam Gamer MANIAK
other source: http://cheatstationer.blogspot.com | http://facebook.com "Kirimkan artikel kamu melalui email, artikel bebas sopan. Back Link Welcome."
Title : Sejarah PLaystation / Game Story
Description : Sejarah Playstation Game Buat anda gamer maniak berikut ini adalah sedikit pengetahuan untuk kita semua tentang bagai mana sebenarnya PLAYS...

0 Response to "Sejarah PLaystation / Game Story"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *