Apa Kegunaan Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Kehidupan Sehari-hari ?

Apa Kegunaan Sejarah Menurut Para Ahli dlm Kehidupan Sehari-hari ? - Sejarah adalah pengalaman masa lampau, oleh sebab itu apabila dipelajari dgn baik dan benar kan banyak gunanya, banyak manfaatnya, serta mempunyai arti penting dlm kehidupan masyarakat. Banyak tokoh yg mengemukakan pendapatnya mengenai kegunaan sejarah, antara lain C.P. Hill (1956) yg menyatakan bahwa mempelajari sejarah banyak kegunaannya bagi peserta didik, antara lain:
1. secara unik dapat memuaskan rasa ingin tahu tentang orang lain, tentang kehidupan para tokoh/pahlawan, perbuatan, dan cita-citanya dan jg dapat membangkitkan kekaguman tentang kehidupan manusia masa lampau, 2. melalui pengajaran sejarah dapat dibandingkan kehidupan zaman sekarang dgn masa lampau, 3. melalui pengajaran sejarah dapat diwariskan kebudayaan umat manusia, 4. lewat pengajaran sejarah di sekolah-sekolah dapat membantu mengembangkan cinta tanah air di kalangan para siswa.
Hubungannya dgn pengajaran, Sartono Kartodirdjo (1992) mengatakan bahwa sejarah mempunyai kegunaan genetis dan didaktis. dgn pengetahuan sejarah dimaksudkan agar generasi berikut dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman nenek moyang. Di samping itu suri tauladan mereka dapat menjadi model bagi keturunannya. Selanjutnya Nugroho Notosusanto (1979) mengungkapkan bahwa dgn mempelajari sejarah kan memiliki wawasan sejarah. dgn wawasan sejarah dapat mengkonsepkan proses sejarah yg berguna untuk mengantisipasi masa depan.
dgn demikian mempelajari sejarah banyak kegunaannya/manfaatnya. Berikut ini adalah 5 manfaat sejarah .

1. Memberikan Kesadaran Waktu
Kesadaran waktu yg dimaksud ialah kehidupan dgn segala perubahan, pertumbuhan, dan perkembangannya terus berjalan melewati waktu. Kesadaran itu dikenal jg sebagai kesadaran kan adanya gerak sejarah. Kesadaran tersebut memandang peristiwa-peristiwa sejarah sebagai sesuatu yg terus bergerak dari masa silam bermuara ke masa kini dan berlanjut ke masa depan.
2. Memberi Pelajaran
Sejarah memberikan pelajaran, sering kita mendengar ucapan:" belajarlah dari sejarah". dgn mempelajari sejarah seseorang atau suatu bangsa, kita kan bercermin dan menilai peristiwa-peristiwa masa lampau yg merupakan keberhasilan/prestasi dan peristiwa-peristiwa masa lampau yg merupakan kegagalan. Peristiwa-peristiwa sejarah pd masa lampau, baik yg positif maupun negatif dijadikan hikmah. Untuk nilai-nilai positif yakni keberhasilan-keberhasilan kita pertahankan dan kita tingkatkan, sebaliknya untuk nilai-nilai negatif, kesalahan-kesalahan masa silam tak terulang lagi. dgn ini jelas bahwa sejarah memberikan pelajaran yg dapat memberikan kearifan dan kebijaksanaan bagi yg mempelajarinya. Pepetah Jawa mengatakan "mikul dhuwur mendem jero".
3. Sumber Inspirasi (Ilham)
Inspirasi berarti memberikan ilham atau semangat yg berkaitan dgn pelajaran sejarah tentang semangat nasionalisme dan patriotisme. Dapat jg dikatakan sejarah berfungsi untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, cinta bangsa dan tanah air. Fungsi sejarah ini sangat disadari terutama dlm hal yg disebut nation building misalnya ingin melestarikan nilai-nilai perjuangan 1945 seperti persatuan dan kesatuan, rela berkorban, berjuang tanpa pamrih, semangat gotong royong dan sebagainya. dgn demikian, belajar sejarah kan memperkukuh rasa kebangsaan, cinta bangsa, dan tanah air.
4. Memberikan Ketegasan Identitas Nasional dan Kepribadian Suatu Bangsa
Identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa terbentuk dari keseluruhan pengalaman sejarah suatu bangsa tersebut. Oleh karena setiap bangsa memiliki pengalaman sejarah yg berbeda-beda, maka identitas dan kepribadian suatu bangsa jg berbeda-beda. Itulah sebabnya, kepribadian seseorang atau suatu bangsa bersifat unik. dgn mempelajari sejarah kan lebih memperjelas identitas nasional dan kepribadian bangsa.
5. Memberikan Hiburan
dgn mempelajari sejarah yg indah dan menarik tentang suatu tokoh atau peristiwa, maka kan memperoleh hiburan. dgn mempelajari kisahkisah sejarah di tempat yg jauh, di negara-negara lain, maka seolah-olah kita bertamasya dan memberikan kepuasan dlm bentuk "pesona perlawatan". Fungsi pengajaran sejarah jg terlihat dari ungkapan Latin "historia magistra vitae" yg artinya "sejarah guru kehidupan". Frederic Harrison secara lengkap menyatakan bahwa sejarah : "mengajarkan pada kita sesuatu tentang kemajuan umat manusia, bahwa sejarah itu menceritakan pada kita beberapa semangat luhur yg meninggalkan jejak-jejaknya sepanjang masa, bahwa sejarah itu menunjukkan pada kita bagaimana bangsa-bangsa di muka bumi ini saling berjalin dlm satu tujuan dan memiliki tujuan-tujuan mulia yg telah memancarkan kesadaran kemanusiaan". dgn demikian sejarah mempunyai arti dan peranan yg penting dlm kehidupan masyarakat.
other source: http://www.nafiun.com | http://google.com "Kirimkan artikel kamu melalui email, artikel bebas sopan. Back Link Welcome."
Title : Apa Kegunaan Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Kehidupan Sehari-hari ?
Description : Apa Kegunaan Sejarah Menurut Para Ahli dlm Kehidupan Sehari-hari ? - Sejarah adalah pengalaman masa lampau, oleh sebab itu apabila dipelaja...

0 Response to "Apa Kegunaan Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Kehidupan Sehari-hari ?"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *